Home > Uncategorized > Angkutan Umum Kota Bekasi Berlebih

Angkutan Umum Kota Bekasi Berlebih

Bekasi, Kompas – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Organda Kota Bekasi Indra Hermawan di Bekasi, Selasa (12/7), menilai, jumlah angkutan umum di Kota Bekasi sudah terlalu banyak. Saat ini, ada 6.500 mobil angkutan umum yang melintasi 75 trayek dari dan ke Kota Bekasi. Itu sebabnya, pengelolaan dan pengoperasian angkutan umum perlu dievaluasi agar jadi lebih baik.

Menurut Indra, evaluasi ini perlu dilakukan agar tak ada trayek yang kelebihan armada. Misalnya, trayek angkutan kota 02 (Pondok Gede-Terminal Bekasi), dalam penilaian Organda cukup dilayani 250 armada, tetapi ternyata dilayani 600 mobil.

Indra memperkirakan, kelebihan armada di sebuah trayek disebabkan ada perkiraan potensi penumpang lebih banyak dibandingkan dengan trayek lain. Padahal, dengan jumlah armada yang terlalu banyak, persaingan mendapatkan penumpang jadi sangat tinggi.

Akibatnya, sopir yang dikejar target setoran harus berpikir keras mendapatkan penumpang sebanyak mungkin. Sopir kemudian terdorong melanggar aturan, seperti mengetem seenaknya sehingga menghambat kelancaran lalu lintas, bahkan melanggar rambu yang ada.

Data dari Kepolisian Resor Kota Bekasi Kota memperlihatkan ada 7.316 angkutan kota yang ditilang pada periode Januari-Juni 2011. Jumlah ini tiga kali lebih banyak ketimbang periode yang sama tahun lalu yang hanya menilang 2.763 angkutan kota.

Pelanggaran aturan lalu lintas itu ternyata seiring dengan jumlah kecelakaan yang melibatkan angkutan kota. Pada Januari-Juni 2010 ada 13 kecelakaan. Periode tahun berikutnya menjadi 36 kecelakaan, atau naik hampir tiga kali lipat.

Pelaksana Tugas Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, evaluasi dan integrasi angkutan umum Kota Bekasi dan Jakarta akan diusulkan pada 2012.

Sejumlah trayek juga akan dihapus, di antaranya trayek yang berimpitan, serta trayek yang potensi penumpangnya hilang dan armadanya terlalu sedikit..

Selain itu, Pemerintah Kota Bekasi juga berencana mengganti mobil angkutan kota secara bertahap dengan bus ukuran sedang, seperti kopaja dan metromini dengan kepemilikan tunggal. (BRO)

 

Sumber: http://cetak.kompas.com/read/2011/07/13/04482338/angkutan.umum.kota.bekasi.berlebih

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: