Home > Uncategorized > Jumlah Koridor Busway Malam Hari Ditambah

Jumlah Koridor Busway Malam Hari Ditambah

Jakarta, Kompas – Layanan bus transjakarta pada malam hari akan diperluas. Jika selama ini layanan malam hari pada pukul 22.00-23.00 dilakukan di empat koridor, yakni koridor IX, I, II, dan III, kini layanan akan diperluas menjadi koridor IV, V, VI, dan VII. Dengan demikian, koridor yang belum menyediakan layanan malam hari hanya koridor VIII dan X.

”Sambutan masyarakat terhadap busway malam hari sangat tinggi. Total pengguna untuk empat koridor yang sudah beroperasi itu mencapai 2.000 orang,” kata Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta M Akbar di Jakarta, Senin (13/6).

Perluasan layanan malam hari akan dimulai akhir Juni ini. ”Kami masih mempersiapkan petugasnya dan masih menggodok untuk menentukan halte mana yang akan dibuka,” ujar Akbar.

Mengetahui adanya perluasan layanan malam hari ini, beberapa warga menyambut dengan gembira. Pasalnya, mereka merasa, dengan bus transjakarta, perjalanan mereka lebih aman dari gangguan tangan jahil. ”Kalau naik angkutan umum lainnya, biar malam, copet masih saja beroperasi,” tutur Aik, warga Bintaro pelanggan bus transjakarta di koridor I.

Pembatas jalan

Sementara itu, akibat dibukanya pembatas jalan di depan Plaza Semanggi, antrean kendaraan yang datang dari arah barat (Slipi) menuju ke timur (Kuningan) sangat panjang. Antrean sudah muncul sejak kolong jalan layang TVRI.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono berharap pihak Legiun Veteran Republik Indonesia melihat bahwa pembukaan telah menyebabkan kemacetan yang sangat parah.

”Pemasangan separator movable concrete barrier (MCB) di Jalan Gatot Subroto untuk menghilangkan persimpangan kendaraan yang bisa menimbulkan kemacetan. Jika MCB itu dicabut, kemacetan parah yang akan terjadi,” papar Udar Pristono.

Menurut Pristono, MCB itu sudah dipasang tiga kali. ”Yang ketiga, petugas kami malah dihadang bambu runcing. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kami harapkan mereka memahami bahwa pembukaan separator itu menyebabkan kemacetan panjang,” ungkap Pristono

Saat ini, ujar Pristono, petugas kepolisian memasang traffic cone di jalur separator tersebut untuk menghindari kemacetan. Pasalnya, kawasan depan Plaza Semanggi itu dikenal sebagai kawasan yang rawan macet pada jam kerja.

”Kepentingan yang lebih besar harus diperhatikan. Membangun jalan alternatif itu sudah pasti, tetapi tidak bisa secepat membalikkan tangan. Kalau kita sudah tahu ditutup, kenapa memaksa lewat di situ,” paparnya.

Pristono menuturkan, jika dari arah Slipi ingin menuju Plaza Semanggi, maka bisa berputar di Hotel Sahid atau di daerah Karet. Kuncinya, menurut Pristono adalah merencanakan perjalanan dari awal.

”Kami akan lihat sepekan hingga dua pekan ini, kami ingin mereka menutup sendiri. Karena masyarakat, kan, sudah keberatan. Kami akan ajak bicara, tetapi nanti karena kalau kita berunding selalu mentah hasilnya,” tuturnya.

Angkutan berat

Sementara itu, draf keputusan Menteri Perhubungan mengenai pengaturan waktu operasional angkutan berat sudah disetujui pihak-pihak yang terkait. ”Tinggal diajukan ke menteri saja,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa, seusai rapat koordinasi, Senin (13/6).

Adapun pengaturannya, menurut Royke, masih sama seperti pengaturan saat uji coba, yakni angkutan berat dialihkan tidak melewati ruas Cawang-Tomang- Pluit pada pukul 05.00 sampai pukul 22.00. Kendaraan angkutan berat juga dialihkan tidak masuk Kembangan, melainkan diarahkan melewati Kamal-Cengkareng. (COK/ARN)

 

Sumber: http://cetak.kompas.com/read/2011/06/14/03144598/.jumlah.koridor..busway.malam.hari.ditambah

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: