Home > Uncategorized > Kartu Mahasiswa Bisa Dipakai Tiket Trans Jogja

Kartu Mahasiswa Bisa Dipakai Tiket Trans Jogja

Gama Teknologi bisa membuat cip untuk dimasukkan ke kartu mahasiswa.

YOGYAKARTA  — Universitas Gadjah Madah  serta  Dinas  Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengintegrasikan tiket bus Trans Jogja dengan kartu mahasiswa baru angkatan  2011.  Rencana  ini  sudah hampir selesai digodok dan akan disampaikan kepada Rektor UGM.
“Biayanya masih akan dibicarakan. Kami menunggu rapat dengan rektor,” kata anggota staf Unit Pelaksana Teknis Bus Trans Jogja di Dinas Perhubungan DIY, Rizky Budi Utomo, kepada Tempo kemarin.
Rizky juga belum bisa memastikan  apakah  institusi  UGM  yang akan membayar biaya tiket ini atau biaya dibebankan kepada mahasiswa yang bersangkutan. Agar mahasiswa nyaman, Dinas akan membangun enam titik pemberhentian bus tambahan di sekitar kampus UGM. Lokasinya di depan gedung pusat sebanyak satu pasang, depan gedung Wisma MM UGM Jalan Kaliurang sepasang, depan gedung perpustakaan satu unit, dan dekat Bundaran UGM satu unit.

Bus Trans Jogja rencananya masuk kawasan kampus dari sisi barat Masjid UGM. Namun lagi-lagi, menurut  Rizky,  realisasinya  menunggu persetujuan pihak kampus. Kepala  Humas  dan  Protokol UGM Suryo Baskoro mengatakan mengintegrasikan  kartu  mahasiswa dengan tiket Trans Jogja memang merupakan keinginan mereka.

Gama Teknologi, kata dia, bisa membuat cip untuk dimasukkan ke kartu  mahasiswa, sehingga  dapat digunakan sebagai tiket elektronik. “Secara teknologi, itu gampang sekali,”katanya. Suryo menegaskan bahwa biaya tiket Trans Jogja nantinya dibeban-
kan kepada mahasiswa. Sistem tiketnya akan dirancang mirip mass rapid transit di Singapura.

UGM melarang mahasiswa baru tahun ini membawa sepeda motor atau mobil masuk wilayah kampus. Setiap calon mahasiswa nantinya diminta menandatangani surat kesanggupan tidak membawa kendaraan bermotor ke kampus. Sebagai penggantinya,  disediakan  sepeda sebagai sarana transportasi intra Bus Trans Jogja rencananya masuk kawasan kampus dari sisi barat Masjid UGM. Namun lagi-lagi, menurut  Rizky,  realisasinya  menunggu persetujuan pihak kampus.

Kepala  Humas  dan  Protokol UGM Suryo Baskoro mengatakan mengintegrasikan  kartu  mahasiswa dengan tiket Trans Jogja memang merupakan keinginan mereka. Gama Teknologi, kata dia, bisa membuat cip untuk dimasukkan ke kartu mahasiswa, sehingga  dapat digunakan sebagai tiket elektronik. “Secara teknologi, itu gampang sekali,”katanya.

Suryo menegaskan bahwa biaya tiket Trans Jogja nantinya dibebankan kepada mahasiswa. Sistem tiketnya akan dirancang mirip mass rapid transit di Singapura. UGM melarang mahasiswa baru tahun ini membawa sepeda motor atau mobil masuk wilayah kampus. Setiap calon mahasiswa nantinya diminta menandatangani surat kesanggupan tidak membawa kendaraan bermotor ke kampus. Sebagai penggantinya,  disediakan  sepeda sebagai sarana transportasi intra kampus. Targetnya, dalam lima tahun  ke  depan  wilayah  kampus. UGM akan bebas dari sepeda motor maupun mobil. Tapi kebijakan ini ditentang keras oleh mahasiswa. Bahkan, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional kemarin, mahasiswa  UGM  yang  tergabung  dalam Komite Masyarakat Progresif Anti-Komersialisasi  Pendidikan  berdemonstrasi  menuntut  pencabutan Peraturan Rektor UGM Nomor 408 Tahun 2010 tentang Kartu Identitas Kendaraan, yang mengatur soal larangan itu.

Setelah berorasi selama satu jam lebih di depan Graha Sabha UGM, para  mahasiswa  itu  mengalihkan aksinya ke depan gedung rektorat. Tapi aksi ini tidak mendapat tanggapan.  Kepada  Tempo,  Direktur Kemahasiswaan UGM Sentot Haryono mengatakan  rektorat  tidak berniat menemui para demonstran karena mereka tidak mewakili organisasi intrakampus. “Kami  hanya  menanggapi  mahasiswa yang menyalurkan aspirasinya lewat BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), ”ujar Haryono.

 

Sumber: Koran Tempo, hari selasa 3 Mei 2011 halaman B2

  1. No comments yet.
  1. July 18, 2011 at 2:01 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: