Home > Uncategorized > ERP Batal Diterapkan Tahun Ini

ERP Batal Diterapkan Tahun Ini

JAKARTA–MICOM: Electronic Road Pricing (ERP) lagi-lagi batal diterapkan di Jakarta. Pasalnya, hingga saat ini peraturan pemerintah (PP) terkait ERP belum dapat diterbitkan pemerintah pusat. Bahkan Kementerian Keuangan memprediksi PP itu baru diterbitkan akhir 2011.

Padahal, setelah PP ERP diterbitkan pemerintah pusat, Pemprov DKI membutuhkan waktu untuk membuat peraturan daerah (perda) turunan PP tersebut.

Pemprov DKI juga membutuhkan waktu untuk penyediaan infrastruktur ERP antara enam bulan hingga satu tahun. Karena itu, pemprov DKI menargetkan ERP baru bisa dilaksanakan pada pertengahan tahun 2012 atau bahkan akhir 2012.

Direktur Pajak Daerah Retribusi Daerah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Budi Sitepu mengakui rancangan PP tentang ERP belum bisa diterbitkan pemerintah pusat karena pihaknya masih mengkaji penerapan ERP yang akan berlaku secara nasional.

Budi menegaskan, dalam penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) ERP, Kemenkeu tidak ada masalah sama sekali. Bahkan mendukung pelaksanaan ERP di DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

Menurut Budi, pihaknya memprediksi RPP tentang ERP baru bisa dikeluarkan sebelum akhir tahun 2011, sehingga proses penyiapan penerapan PP ERP beserta perda turunannya, juga penyediaan infrastrukstur ERP bisa dipercepat.

“Kita akan kebut proses penyelesaian RPP ERP. Diharapkan sebelum akhir 2011, PP ERP sudah bisa keluar. Sehingga proses penyiapan terkait penerapan ERP bisa dipercepat,” kata Budi dalam Workshop Teknologi ERP di Grand Cempaka, Selasa (19/4).

Pos Kota, Penulis : Selamat Saragih, Selasa, 19 April 2011

Sumber:

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: