Home > Uncategorized > Longsor, Jalan Trans Timor Putus

Longsor, Jalan Trans Timor Putus

Rabu, 20 April 2011

TEMPO Interaktif, Kupang – Jalan Trans Timor di Kilometer 62, Desa Takari, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (20/4), putus akibat longsor. Jalan tersebut menghubungkan antara Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu hingga Timor Leste.

Longsor yang menutup jalan tersebut mengakibatkan antrean kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, dan enam hingga mencapai 2 kilometer dari Kupang maupun yang menuju Kupang.

Putusnya ruas Jalan Trans Timor yang juga menghubungkan NTT dengan Timor Leste itu adalah akibat badai Errol yang melanda NTT dan menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi sejak Selasa (19/4).

Pantauan Tempo, Rabu (20/4) longsoran yang terjadi menutup seluruh badan jalan di kilometer 62 Desa Takari. Akibatnya, jalur transportasi antarkabupaten dan negara itu lumpuh total sejak semalam. Pemerintah NTT langsung menurunkan sebuah ekskavator dan dibantu masyarakat setempat untuk membuka kembali jalur tersebut.

Upaya yang dilakukan cukup berhasil. Namun, hanya beberapa jam berselang, jalur itu tidak bisa dilalui karena hujan terus mengguyur daerah itu. Aparat kepolisian dan warga setempat pun menggunakan sistem buka tutup jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTT, Andre Koreh, yang dihubungi Tempo mengatakan pihaknya telah mengerahkan alat berat ke lokasi longsor untuk membuka akses jalan negara tersebut. “Kita sudah kirim alat berat untuk mengatasi longsoran itu. Semoga saja segera teratasi,” katanya.

YOHANES SEO

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa_lainnya/2011/04/20/brk,20110420-328808,id.html

Categories: Uncategorized Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: